Ole777

OLE777 Login

PPI TUNISIA

Dialog Jurnalistik, Wapimred Harian Kompas sebut wartawan merupakan Orang Gila

Tunis, 22 April 2024 – Para pelajar Indonesia di Tunisia mengikuti dialog jurnalistik yang diselenggarakan oleh PPI Tunisia, PCINU Tunisia dan PCIM Tunisia di Sekretariat PCINU Tunisia.

Dialog ini melibatkan Wakil Pimpinan Harian Umum Kompas, Paulus Tri Agung Kristanto dan turut juga dihadiri oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Tunisia, Zuhairi Misrawi.

Acara ini menjadi momentum penting untuk bisa lebih mendalami dunia jurnalistik dan sekaligus menjadi inspirasi bagi para pelajar Indonesia di Tunisia.

Dalam dialognya, Minggu (21/4/2024), Bapak Agung menyampaikan, bahwa menulis itu merupakan kegiatan wajib bagi manusia, dan menjelaskan mengapa kita harus menulis.

“Verba volant, scripta manent. Jikalau kita menyaksikan situs-situs peninggalan, banyak sekali tulisan-tulisan manusia pada zaman itu di tembok-tembok maupun bebatuan. Itu merupakan pesan bagi kita, bahwa dengan tulisan itu mereka abadi walau sudah tiada,” ujar Bapak Agung.

Ia juga menjelaskan tentang profesinya juga. Sejatinya jurnalis adalah pekerjaan kaki pada awalnya, baru kemudian pekerjaan otak dan moral.

“Kita hadir di lapangan dan memanfaatkan momen di lapangan, di mana kita harus berhadapan dengan fakta, ketika fakta itu belum tersentuh oleh campur tangan kita, apapun jua. Jujur terhadap fakta, itulah sebenarnya moralitas jurnalistik,” ungkapnya.

“Dan secara tidak langsung, menjadi jurnalis adalah menjadi 3 profesi sekaligus. Diantaranya: Ilmuan, Sastrawan dan Orang gila. Tsunami Aceh 2004, sudah tahu ada tsunami, tapi mereka (wartawan) tetap maksa untuk datang kesana, kurang gila apa lagi,” Pungkasnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *