Ole777

OLE777 Login

PPI TUNISIA

Dubes Zuhairi Misrawi : Ziarah ke Syekh Thahir Ibn Ashur, Ziarah Spiritual dan Intelektual

PPI Tunisia – Perlehatan Simposium Kawasan Perhimpunan Pelajar Indonesia Kawasan Timur Tengah dan Afrika dimulai dengan ziarah bersama dari Syekh Thahir Ibn ‘Asyur (16/07/2023).

Simposium Kawasan diselenggarakan di Tunisia, besok 17 Juli 2023 dan diikuti oleh 18 perwakilan Negara Timur Tengah dan Afrika.

Kegiatan ini dipimpin langsung Duta Besar Zuhairi Misrawi dan dihadiri pula oleh seluruh delegasi Simposium Kawasan Timur Tengah dan Afrika serta mahasiwa Indonesia di Tunisia.

Ziarah kubur berlangsung dengan lancar dan khidmat, ziarah kubur dilaksanakan di pemakaman Zallaj, Tunis yaitu makam Syekh Muhammad Thahir bin Asyur. Dubes Zuhairi Misrawi mengatakan, ziarah kubur ini merupakan kegiatan rutinan PCINU Tunisia.

“Menziarahi sosok besar al-‘Allamah Muhammad Thohir bin Asyur. Hari ini merupakan hari spesial karena termasuk rangkaian agenda acara simposium. Karena tunis di kenal dengan tunis al-Mahrusa, tunis yang dijaga oleh auliya.” Tuturnya.

Ia menambahkan “Sosok pertama kali yang memperkenalkan al-i’tidal ad-dini yaitu Syekh Thohir Ibn Ashur. Saya membaca kitab Ushulun Nidzom sejak tahun 1998. Gusdur sudah berbicara moderasi tahun 90-an tapi rumusannya belum ditemukan sebelum menjadi presiden.” Ujar Zuhairi Misrawi.

Syekh Thahir dikenal dengan Ibnu Khaldun mu’ashir yang terkenal dengan kitab maqashid syariah yaitu konsep berijtihad dengan maqashid.

Mahasiswa seharusnya dapat bersyukur dekat dengan Syekh Thahir Ibn Ashur, karena dapat ziarah setiap bulan. Tidak hanya ziarah spiritual saja, akan tetapi ziarah intelektual.

“Tradisi Syekh Thahir Ibn Ashur membaca dan menulis dari setelah subuh sampai jam 12 siang.” Pungkasnya.

Ziarah ini diakhiri dengan pembacaan doa yang dipimpin langsung oleh Duta Besar Zuhairi Misrawi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *