Ole777

OLE777 Login

PPI TUNISIA

Mahasiswa Indonesia di Tunisia Gelar Daurah Shoifiyah Selama Musim Panas

Tunisia, 1 September 2023 – Mahasiswa Indonesia di Tunisia telah mengadakan kegiatan Daurah Shoifiyah selama musim panas yang berlangsung dari tanggal 2 hingga 30 Agustus 2023. Acara ini merupakan inisiatif Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Tunisia yang bekerja sama dengan Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU) Tunisia di Sekretariat PCINU Tunisia.

Acara ini memberikan peluang kepada para mahasiswa Indonesia untuk menggali pemahaman mendalam tentang ajaran Islam, melalui pembahasan kitab-kitab seperti Ushul An-Nidzom Al-Ijtima’i, Al-Hikam Al-Atha’iyah, Aqidah Syarnubiyah dan Arbain Nawawiyah bersama Syaikh Shalahuddin al-Mustawi, Mustasyar PCINU Tunisia yang memiliki pengetahuan mendalam tentang kitab-kitab tersebut. Beliau memberikan penjelasan yang jelas mengenai isi kitab-kitab yang dipelajari, serta menjawab pertanyaan para mahasiswa dengan penuh kebijaksanaan.

Mengenal Daurah Shoifiyah: Wujud Kedalaman Ilmu dan Spiritualitas
Daurah Shoifiyah adalah konsep acara yang menggabungkan pengembangan ilmu dan peningkatan dimensi spiritual. Para mahasiswa memusatkan perhatian mereka pada serangkaian kegiatan yang dirancang secara terstruktur, bertujuan untuk memperdalam pemahaman tentang ajaran Islam dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Melalui daurah ini, para mahasiswa memiliki kesempatan emas untuk mendalami isi beberapa kitab ulama terkemuka. Diantaranya:

Ushul An-Nidzom Al-Ijtima’i
Salah satu poin puncak dalam Daurah Shifiyah adalah telaah mendalam mengenai kitab Ushul An-Nidzom Al-Ijtima’i. Kitab ini mengeksplorasi aspek-aspek sosial dalam Islam, seperti norma-norma interaksi sosial, sikap toleransi, etika dalam berorganisasi, dan pentingnya menjaga hubungan yang harmonis dalam masyarakat. Melalui pembahasan kitab ini, mahasiswa menggali makna penting kebersamaan, kerjasama, serta etika saling menghormati dalam dinamika bermasyarakat.

Al-Hikam Al-Atha’iyah: Menggali Hikmah dalam Kehidupan Sehari-hari
Kitab Al-Hikam Al-Atha’iyah membawa para mahasiswa dalam perjalanan menelusuri hikmah-hikmah yang terkandung dalam berbagai aspek kehidupan. Mahasiswa dengan cermat menganalisis aforisme bijak dalam kitab ini untuk memikirkan dan memahami makna mendalam dibaliknya. Hal ini memberikan kesempatan kepada mereka untuk memikirkan hikmah serta pandangan spiritual yang dapat diterapkan dalam berbagai situasi.

Aqidah Syarnubiyah : Pondasi Kokoh Iman
Pemahaman yang kuat mengenai aqidah (keyakinan keagamaan) adalah landasan utama dalam kehidupan seorang muslim. Melalui pembahasan kitab Aqidah Syarnubiyah, para mahasiswa mendalami akidah mereka, memperkuat keyakinan, dan memahami dasar-dasar ajaran Islam secara lebih komprehensif.

Arbain Nawawiyah: Menuju Kesempurnaan Akhlak dan Ibadah
Arbain Nawawiyah adalah kumpulan hadis-hadis Rasulullah SAW yang disusun oleh Imam Nawawi. Kitab ini mencakup berbagai aspek kehidupan, mulai dari etika pergaulan hingga akhlak yang baik. Dalam Daurah Shoifiyah, siswa menelaah, memikirkan kandungan hadis-hadis ini dan berusaha menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, sehingga menjadi panduan dalam berperilaku dan beribadah.

Kegiatan Daurah Shoifiyah ini diakhiri dengan penyerahan kitab dan sertifikat kepada para mahasiswa pada tanggal 1 September 2023 di Maghor Jallaz. Pemberian kitab dan sertifikat ini dilakukan langsung oleh Syaikh Shalahuddin al-Mustawi. Acara penutupan ini juga dihadiri oleh Bapak Duta Besar Indonesia untuk Tunisia, Zuhairi Misrawi, yang memberikan ucapan terima kasih kepada Syaikh Shalahuddin al-Mustawi terhadap kelapangannya dalam membimbing mahasiswa Indonesia di Tunisia dan harapan besar terhadap para mahasiswa untuk lebih meningkatkan kualitas belajarnya.

Kegiatan Daurah Shoifiyah ini merupakan salah satu contoh dari upaya mahasiswa Indonesia di luar negri untuk menjaga dan memperdalam pemahaman mereka tentang agama Islam. Selain itu, kegiatan ini juga memperkuat hubungan antara mahasiswa Indonesia di Tunisia dan mendapatkan dukungan dari pemerintah Indonesia melalui perwakilan resminya di Tunisia. Semoga kegiatan seperti ini terus berlanjut dan memberikan manfaat yang besar bagi para pesertanya serta meningkatkan pemahaman keagamaan dikalangan pelajar Indonesia di luar negeri.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *