Ole777

OLE777 Login

PPI TUNISIA

pengaruh pikiran Positif dalam kehidupan

“Jika Anda berpikir bisa, maka Anda akan bisa.
Dan jika Anda berpikir Anda tidak bisa, maka Anda
Akan benar- benar tidak bisa.”
-Mary Kay Ash-

Apabila seseorang yang sedang belajar bisnis selalu berpikir dirinya tidak mampu mendirikan sebuah bisnis, selamanya dia tidak akan pernah bisa membangun bisnisnya sendiri. Apabila dia selalu berpikir takut rugi, maka dia akan selalu dihantui oleh pikiran tentang rugi, dan menyebabkan dirinya takut untuk mencoba bisnis tersebut.

Sebaliknya, orang yang memberanikan diri untuk mencoba membangun bisnisnya dan berani mengambil risiko untuk rugi atau hal semacamnya. Maka akan timbul keberanian yang besar dalam dirinya.

Jika setiap manusia mampu berpikir positif dan negatif, lalu berasal dari manakah sebenarnya kekuatan itu?

Ternyata, sumber kekuatan itu berasal dari sugesti pikiran kita sendiri. Karena pikiran kita mampu menciptakan perintah ke seluruh organ dalam tubuh kita untuk melakukan sesuatu atau tidak melakukan sesuatu. Pikiran yang memengaruhi perasaan dan kekuatan manusia untuk takut atau berani mengambil keputusan. Sedangkan salah satu kunci utama kesuksesan adalah bagaimana dia mengelola pikirannya.

Setiap orang mampu melihat peristiwa atau kejadian yang dia alami dari dua sisi, sisi positif dan juga sisi negatif. Dua sisi ini saling bertentangan dan sangat menentukan cara kita memproses sesuatu. Apa yang membuat kita merasa bisa melakukannya atau tidak dapat melakukannya. Semua itu tergantung dari cara kita memandang berbagai persoalan hidup ini.

Kita ingin menjadi orang sukses, sebaiknya selalu berpikir positif. Cara pandang positif ini bisa diterapkan dalam berbagai perbuatan, misalnya bagaimana cara kita menyikapi suatu peristiwa yang terjadi di kehidupan kita. Ketika terjadi suatu peristiwa tidak baik, cobalah untuk selalu memandangnya dari sisi positif, sehingga apa yang terpikirkan juga menjadi positif. Hal ini akan membantu kita memahami berbagai persoalan secara lebih jernih, dengan pikiran yang lebih berwawasan, serta dengan hati yang lebih lapang.

Sebaliknya, jika kita lebih mengedepankan sisi negatif, cara pandang yang negatif tersebut akan menutupi semua kebaikan dan kebenaran yang ada.

Salah satu keuntungan berpikir positif adalah kita bisa menanamkan pemahaman terhadap diri kita bahwa semua peristiwa atau kejadian yang ada di sekitar hidup kita selalu mempunyai manfaat dan hikmahnya sendiri. Cara pandang positif juga memberikan pemahaman terhadap diri kita bahwa segala sesuatu yang ada di dunia ini diciptakan berbeda- beda dengan yang lainnya. Oleh sebab itu, setiap orang mempunyai jalan kehidupannya sendiri dengan nasib yang juga berbeda.

Berbagai peristiwa di dunia ini, baik yang dipandang positif atau negatif, menguntungkan atau merugikan, pasti mempunyai manfaat baik itu pada jangka waktu yang panjang atau jangka waktu yang pendek. Dengan demikian, terhadap berbagai peristiwa yang terjadi, seseorang tidak akan serta merta memberikan respons negatif tetapi selalu mendahulukan respons positif. Karena orang yang berpikir negatif akan selalu melihat kesulitan dalam kesempatan. Sedangkan orang yang berpikir positif akan selalu mencari kesempatan dalam kesulitan yang dihadapinya.

Auliya Zulfi Mirza Fahmidah , Mahasiswi Universitas Az-Zaitunah

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *