PPI TUNISIA

Simposium Kawasan : Ajang Kolaborasi Antar Kaum Terpelajar

Dunia modern saat ini, kolaborasi merupakan sebuah keniscayaan yang harus kita lakukan. karena untuk mewujudkan suatu cita-cita atau menggapai tujuan yang besar sangat terasa lebih kompleks dan rumit, hal itu semakin sulit diwujudkan apabila dilakukan secara sendiri-sendiri.

Dengan adanya kolaborasi, meyakinkan kita bahwasanya tidak ada satupun manusia yang sama dan manusia pun harus sadar bahwa manusia itu makhluk sosial, karena dengan sadarnya manusia sebagai makhluk sosial akan memberikan rasa tanggung jawab, memperbesar kehidupan sosial dan memperkuat kebersamaan.

Selanjutnya, kita sebagai warga negara Indonesia harus bangga dengan Indonesia, sebuah negeri dengan sumber daya alam yang melimpah, dan dilatarbelakangi dengan keanekaragaman masyarakat.

Justru dengan kondisi tersebut kita harus sadar betapa banyak negara-negara yang cemburu dengan kita, dan betapa banyak juga yang tidak ingin melihat Indonesia sebagai negara maju.

Seharusnya juga kita sebagai kaum terpelajar Indonesia sudah membaca dan bercermin pada sejarah hancurnya kerajaan Sriwijaya dan Majapahit serta belajar dan mencontoh perjuangan perang kemerdekaan bahwa apabila semua potensi yang ada disatukan maka bangsa ini akan memiliki kekuatan luar biasa dalam membangun bangsa menjadi besar serta siap menghadapi semua tantangan.

Oleh karena itu, kita sebagai kaum terpelajar harus membekali diri kita dengan ilmu pengetahuan yang cukup, keahlian dan keterampilan sesuai bidangnya, wawasan yang luas serta menyiapkan diri dengan pengalaman nyata di lapangan untuk membentuk karakter individu yang kuat dan berwawasan kebangsaan.

Sehingga pada akhirnya, kita dapat mempersiapkan diri dan bahu-membahu antar komponen bangsa untuk melaksanakan dan menyelesaikan semua tugas dan tanggung jawab yang dipercayakan negara dengan niat tulus ikhlas hanya untuk memberikan pengabdian terbaik kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Tersiapnya simposium kawasan ini, diharapkan bisa menjadi ajang bagi kaum terpelajar kita di Timur Tengah dan Afrika untuk bersatu dan memantapkan kolaborasi antar kaum terpelajar kita untuk lebih baik, lebih berbudaya dan lebih berbangsa.

Dengan mengangkat tema “Poros Global Moderasi Beragama Indonesia-Timur Tengah” dengan harapan bisa bertukar pengalaman dari masing-masing negara dan membawa modal baik bagi bangsa kedepan.

Dan diharapkan kepada kaum terpelajar agar bisa memahami tema pada kali ini dengan sebaik-baiknya, karena tema kali ini adalah moderasi beragama yang merupakan sebuah ide dan gagasan kementrian agama kita yang sangat apik untuk menangkal ekstremisme dan radikalisme Agama,dan agar senantiasa kita bisa mengamalkannya dengan tulus dan benar.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *